Wednesday, February 5, 2014

Naskah Drama Untuk 6 Orang/Dongeng Keong Mas





Naskah Drama /DONGENGKeong Mas”

Tokoh :
1.     Raja Daha                                        
2.     Dewi Galuh Candra Kirana (Kirana)         
3.     Galuh Ajeng ( Ajeng)                       
4.     Penyihir                                            
5.     Nenek dari Desa Dadapan               
6.     Raden Inu Kertapati                        
7.      Narator          
                                  
ADEGAN 1

Di Istana Kerajaan Daha , hiduplah seorang Raja bernama Raja Daha bersama dua putrinya yang cantik jelita. Putrinya yang bernama Dewi Galuh Candra Kirana adalah seorang perempuan yang ramah dan cantik. Dia akan dinikahkan dengan pangeran dari kerajaan kahuripan, Raden Inu kertapati.

Raja Daha     : “ Putriku, kemarilah!”
( Memanggil kedua putrinya)
Kirana           : ( Menghampiri)
“ Ada apa, pa?”
Ajeng            : ( Datang menyusul di belakang Kirana)
“ Apakah Papa juga memanggilku?”
Raja Daha     : “ Iya, putriku. Ada yang ingin Papa sampaikan pada kalian berdua. Besok, Raden Inu Kertapati dari kerajaan Kahuripan akan datang kemari.”
Ajeng            : “ Lalu kenapa? Apa hubungannya sama kami, pa?”
Raja Daha     : “ Papa sudah membuat perjanjian dengan Ayahnya, bahwa Papa akan menikahkan salah satu putri Papa dengan Raden Inu.”
Ajeng            : ( Berbinar senang)
“ Siapa diantara kami yang akan dinikahkan dengan Raden Inu, Pa?”
Raja Daha     : “ Kami sudah sepakat untuk menikahkan Candra Kirana dengan Raden Inu.”
Kirana           : ( Tersenyum gembira dan memeluk Raja Daha)
“ Thank you so much, Papa…Aku sangat bahagia sekali. Pernikahan ini adalah impianku sejak kecil….”
Raja Daha     : “ Benarkah putriku? Kalau begitu memang tidak salah, Papa memilihmu sebagai calon isteri Raden Inu. Ayo, kita persiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kedatangan Raden Inu besok.”
Raja Daha dan Candra Kirana meninggalkan ruangan yang kini hanya dihuni oleh Galuh Ajeng . Meskipun Candra Kirana dan Ayahnya bahagia dengan pernikahan ini, ternyata Galuh Ajeng mempunya pendapat yang berbeda. Dia merasa marah dan kecewa.
Ajeng     : “ Aku tidak setuju mengenai pernikahan ini! Kenapa harus Kirana yang dipilih dan bukan aku!? Padahal secara nyata jelas aku yang lebih cantik dari dia!! Huh, ini tidak adil! Hanya aku satu-satunya yang menjadi isteri Raden Inu!! Hanya aku, bukan Kirana! Sekarang apa yang harus kulakukan?”
( Berpikir keras sembari mondar-mandir)
“ AHA! Aku punya Ide yang cemerlang!”

ADEGAN 2

Galuh Ajeng yang membuat sebuah rencana buruk untuk Kirana segera pergi ke dalam hutan untuk menemui seorang penyihir.
Ajeng              : “ Permisi!! Apa ada orang di sini!??”
Penyihir           : “ Oh, yes! Silahkan masuk gadis cantik, kemarilah…”
Ajeng              : “ Hm, aku membutuhkan bantuanmu! Tolong bantu aku!”
Penyihir           : “ Kamu ingin aku melakukan apa?”
Ajeng              : “ Aku ingin pernikahan Kirana dengan Raden Inu dibatalkan!!”
Penyihir           : ( Manggut-manggut)
“ Oh..ya..ya…ya aku mengerti maksudmu. Lalu kamu ingin aku melakukan apa untuk Kirana? Mengutuknya?? Kutukan apa yang kamu inginkan? Berupa racun mematikan atau aku mengutuknya terkena tetanus!!?”
Ajeng                : “ Semuanya aku serahkan padamu! Yang jelas aku ingin Kirana menderita!!”
Penyihir             : “ Ok, aku akan mengutuk Candra Kirana sehingga dia tidak dapat menikah dengan Raden Inu!!”
Ajeng                : ( Tersenyum senang)
“ Terimakasih atas bantuanmu, senang bekerja sama dengan penyihir sepertimu! Ini uang sebagai upah awal untukmu. Nanti kalau kutukanmu berhasil, aku akan memberikan lebih banyak lagi!!”
Penyihir             : ( Menerima uang itu)
“ Tentu saja! Sekarang aku akan mempersiapkan kutukan untuknya…”
( Masuk ke dalam)
Ajeng                : “ Akan kutunggu kabar darimu, penyihir!! Sampai jumpa!!”
( melambaikan tangan dan berbicara sendiri dengan sinisnya)
“ Hahhaahaha…..Candra Kirana, saudaraku yang malang!! Sungguh kasihan sekali dirimu! Hahahaha!!!”
Adegan 3
Setelah meminta bantuan pada penyihir, Galuh Ajeng kembali ke Istana dan ingin bertemu Raja Daha.
Ajeng                : “ Papa…papa…papa dimana? Ada yang ingin aku bicarakan!!”
Papa                  : “ Ada apa putriku?”
Ajeng                : “ Ini tentang Candra Kirana, Papa.”
  ( Pura-pura panik)
Raja Daha         : “ Ada apa dengannya?”
Ajeng                : “ Dia…dia ternyata selama ini menjalin hubungan dekat dengan salah satu pengawal kita, Pa…! Ini, aku menemukan surat cinta yang ditulis oleh Kirana untuk pengawal itu di kamarnya!”
Raja Daha         : ( Membaca surat itu dan murka)
“ APA!? Dasar gadis nakal, anak tak tahu diri! Sudah mau menikah malah bercinta sama pengawal kurang ajar itu!”
Ajeng                : “ Papa, sabar pa…sabar…” ( Menenangkan dan diam-diam dia tersenyum sinis)
Raja Daha         : “ Kirana!! Kirana!!!”
Kirana               : “ Ada apa , Pa?”
Raja Daha         : “ Ada apa, kamu bilang!? Baca ini!!”
( Melempar surat itu ke muka Kirana)
“ Berani sekali kamu, yaa…!!”
Kirana               : ( Membaca surat itu dan menggelengkan kepalanya dengan panic)
“ Oh, ini fitnah Papa! Aku tidak pernah melakukannya! Tolong Pa, percaya padaku!”
Raja Daha         : “ Cukup!! Keluar kamu dari istana ini! Keluar!! Kamu dengan pengawal brengsek itu, keluar!!!”
Kirana               : ( Menangis)
“ Tapi, Pa…”
Raja Daha         : “ KELUAR!!!”

ADEGAN 4

Candra Kirana merasa sangat sedih dan dia pun meninggalkan istana. Dia pergi ke pantai dan disana dia bertemu si Penyihir.
Penyihir             : “ Hwahahahaha!! Halo, Candra Kirana! Apa kabarmu, Hah? Kelihatannya kamu sangat sedih hari ini? Hwahahaha…”
Kirana               : “ Siapa kamu? Kenapa kamu sangat buruk rupa?”
Penyihir             : “ Diam! Aku ke sini untuk mengutukmu menjadi keong!! Saudara macam mana saudaramu itu hingga dia ingin aku mengutukmu!!? Kamu tahu, dia tidak setuju dengan pernikahanmu! Hwahahaha!!”

next ......................
.........................................................

Untuk Lebih Lengkapnya lagi tentang "Naskah Drama" di atas silahkan kalian download di bawah ini !!!

DOWNLOAD

DOWNLOAD


Jika menemukan AD.Fly klik ADD ...

Ali WinardianaDitulis Oleh : Ali Winardiana

Artikel Naskah Drama Untuk 6 Orang/Dongeng Keong Mas, diterbitkan oleh alLeY pada hari Wednesday, February 5, 2014. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar-luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya, dan baca peraturan Disclaimer sebelum copy-paste.

12 comments: